Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 07 Juni 2012

WiMAX (SOLUSI INTERNET MASA DEPAN)



Siapa sih yang gk kenal dengan teknologisuper  canggih yang satu ini. Jangkauannya yang begitu luas dengan kecepatan akses yang gk ngesot. WiMAX ini sejenis Wifi tapi jangkauannya itu hlo yang jauh beda, kalo Wifi mungkin cuman 1 gedung (± 1km) , namun WiMAX bisa menjangkau jaringan yang luas tinggi. waaaah hebat kan :DWifi hanya berjarak kurang lebih 1 Km, namun Wimax bisa menjangkau jaringan yang luas bisa mencapai radius hingga 50 Km dengan Kecepatan Transfer kurang mencapai radius hingga 50 km dengan kecepatan transfer ± 70MBps dengan kecepatan yang cukup stabil.



      WiMAX adalah singkatan dari WorldwideInteroperability for Microwave Access, merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas.

      Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga merupakan teknologi dengan open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX di antara beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX dapat diaplikasikan untuk koneksi broadband ‘last mile’, ataupun backhaul.


Sebutan WiMAX sendiri diperkenalkan oleh WiMAX Forum yang berdiri pada tahun 2001 untuk menentukan standarisasi teknologi dan perangkat yang digunakan.



      WiMax adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan standar dan implementasi yang mampu beroperasi berdasarkan jaringan nirkabel IEEE 802.16, seperti Wifi yang beroperasi berdasarkan standar Wireless LAN IEEE 802.11. Namun, dalam implementasinya WiMax sangat berbeda dengan WiFi.



Pada WiFi, sebagaimana OSI Layer, adalah standar pada lapis kedua, dimana Media Access Control (MAC) menggunakan metode akses kompetisi, yaitu dimana beberapa terminal secara bersamaan memperebutkan akses. Sedangkan MAC pada WiMax menggunakan metode akses yang berbasis algoritma penjadualan (scheduling algorithm). Dengan metode akses kompetisi, maka layanan seperti Voice over IP atau IPTV yang tergantung kepada Kualitas Layanan (Quality of Service) yang stabil menjadi kurang baik. Sedangkan pada WiMax, dimana digunakan algoritma penjadualan, maka bila setelah sebuah terminal mendapat garansi untuk memperoleh sejumlah sumber daya (seperti timeslot), maka jaringan nirkabel akan terus memberikan sumber daya ini selama terminal membutuhkannya.



Standar WiMax pada awalnya dirancang untuk rentang frekuensi 10 s.d. 66 GHz. 802.16a, diperbaharui pada 2004 menjadi 802.16-2004 (dikenal juga dengan 802.16d) menambahkan rentang frekuensi 2 s.d. 11 GHz dalam spesifikasi. 802.16d dikenal juga dengan fixed WiMax, diperbaharui lagi menjadi 802.16e pada tahun 2005 (yang dikenal dengan mobile WiMax) dan menggunakan orthogonal frequency-division multiplexing (OFDM) yang lebih memiliki skalabilitas dibandingkan dengan standar 802.16d yang menggunakan OFDM 256 sub-carriers. Penggunaan OFDM yang baru ini memberikan keuntungan dalam hal cakupang, instalasi, konsumsi daya, penggunaan frekuensi dan efisiensi pita frekuensi. WiMax yang menggunakan standar 802.16e memiliki kemampuan hand over atau hand off, sebagaimana layaknya pada komunikasi selular.



Banyaknya institusi yang tertarik atas standar 802.16d dan .16e karena standar ini menggunakan frekuensi yang lebih rendah sehingga lebih baik terhadap redaman dan dengan demikian memiliki daya penetrasi yang lebih baik di dalam gedung. Pada saat ini, sudah ada jaringan yang secara komersial menggunakan perangkat WiMax bersertifikasi sesuai dengan standar 802.162.



Spesifikasi WiMax membawa perbaikan atas keterbatasan-keterbatasan standar WiFi dengan memberikan lebar pita yang lebih besar dan enkripsi yang lebih bagus. Standar WiMax memberikan koneksi tanpa memerlukan Line of Sight (LOS) dalam situasi tertentu. Propagasi Non LOS memerlukan standar .16d atau revisi 16.e, karena diperlukan frekuensi yang lebih rendah. Juga, perlu digunakan sinyal muli-jalur (multi-path signals), sebagaimana standar 802.16n.



How WiMAX works ?

· WiMAX bekerja dengan cara mentransmisikan data dati BTS ke terminal atau modem pelanggan dengan tingkat kualitas layanan tertentu yang dioptimalisasi secara dinamis

· Layanan WiMAX dapat digunakan oleh siapapun dan dapat digunakan di rumah, di kantor, dan dimana aja selama berada di area layanan BTS WiMAX



Kelebihan WiMAX J

o Satu pos pemancar mampu menangani hingga ratusan pengguna.

o Koneksi sangat cepat walaupun jarak sangat jauh, yaitu bisa mencapai 72Mbps dalam kisaran jarak 50 km

o Tingkat keamanan data yang ditransfer sangat tinggi karena WiMAX mampu mengenkripsi dengan sistemnya

o Bekerja pada gelombang frekuensi rendah yaitu antara 2-11 GHz



Kekurangan WiMAX L


o Banyaknya orang yang menggunakan WiMAX akan menurunkan kecepatan koneksi hingga 2Mbps-10Mbps
          o Kecepatan 72Mbps hanya berlaku pada kondisi ideal

o Membutuhkan Line of Sight untuk memperpanjang koneksi

o Iklim cuaca yang buruk seperti hujan dapat mengganggu koneksi

o Perangkat Wireless yang lain dapat mengganggu

o Membutuhkan biaya instalasi, daya listrik, dan biaya operasional yang besar



Sistem WiMAX terdiri dari 2 bagian :



1. WiMAX tower, merupakan akses point, memiliki cakupan area mencapai 50 km secara linier (hal ini dapat mengatasi masalah blind spot yang sering ditemukan pada jaringan Wifi karena menggunakan akses point sbg resource)

2. WiMAX receiver, digunakan untuk menerima sinyal yang berasal dari WiMAX tower.



udah deh , mungkin sedikit info tadi bisa bermanfaat buat kalian kalian yang pengen lebih ngerti WiMAX itu apaa :)








0 komentar:

Posting Komentar